Minggu, 18 Agustus 2013

Bus Mudik Dipulangkan Karena Tidak Layak Jalan

Rental Mobil Batam - Posko pengujian kendaraan bermotor (PKB) Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Terminal Pulo Gadung memulangkan 55 bus armada mudik karena melanggar regulasi layak jalan.
Kendaraan yang tidak direkomendasikan untuk melayani arus mudik karena mengalami kaca retak, ketiadaan alat keselamatan dan baut pengikat, bodi kendaraan terbilang rapuh, ban vulkanisir, kerusakan pada spedometer, serta emisi gas buang yang buruk.

Pengujian berlangsung 1 Agustus hingga satu minggu ke depan. Dari 197 bus yang diperiksa, sebanyak 55 kendaraan gagal melewatati tahapan uji. Otomatis kendaraan bermasalah itu dikembalikan ke perusahaan otobus (PO) masing masing.

Pihak PO diminta segera memperbaiki kekurangan atau mengganti dengan armada yang lebih baik. Bagi bus yang lulus pengujian, petugas PKB memasang tanda berupa stiker layak jalan di kaca kendaraan. "Jadi ketika bus tidak layak dipaksakan untuk beroperasi, kami dapat segera mengetahui dan merazia. Kami pastikan akan ada sanksi untuk bus itu," jelas Suparman, petugas posko PKB Terminal Pulo Gadung Jakarta Timur.

Sebelum instansi terkait juga memeriksa kesiapan fisik awak bus dengan menerapkan uji urine untuk mengetahui indikasi pengggunaan narkotika. "Terpenting pemeriksaan sistem pengereman, lampu lampu dan ban yang tidak divulkanisir, untuk keselamatan di jalan, tuturnya.

Saat ini, Dishub DKI Jakarta terus memeriksa armada mudik yang masuk dari Terminal AntarKota Antarprovinsi Pulo Gadung. Plh Kepala Terminal Bus AKAP Pulo Gadung Adjikus Ambarto juga menegaskan tidak ada toleransi bagi PO yang mengabaikan imbauan perbaikan armada.

Menurut data di Terminal Pulo Gadung pemudik pada H-3 mengalami penurunan ketimbang sehari sebelumnya. Pada Senin 5 Agustus 2013, penumpang yang berjejal di terminal sebanyak 3.314 orang. Mereka diangkut menggunakan 167 armada bus. Sementara itu, pada Minggu 4 Agustus 2013, sebanyak 4.505 orang penumpang diberangkat dengan 173 bus. "Saat ini pada H-2 calon penumpang masih berdatangan, Data akan direkap 7 Agustus 2013," pungkas Adji.

Keselurahan penumpang sejak H-7 hingga H-3 yang mudik menggunakan bus dari Terminal Pulo Gadung mencapai 12.832 orang. Mereka diangkut 782 bus dengan tujuan Pulau Jawa dan Sumatra.

Sumber Media Indonesia, 7 Agustus 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar